Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Pemasangan atap baja itu memang terbilang mudah dan ringan. Jika anda menggunakan baja ringan kekuatan dari baja ini bisa digunakan lebih dari 10 tahun lamanya.
Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Pemasangan atap baja itu memang terbilang mudah dan ringan. Jika anda menggunakan baja ringan kekuatan dari baja ini bisa digunakan lebih dari 10 tahun lamanya.  Biasanya baja yang digunakan untuk pemasangannya ini menggunakan baja yang bermutu tinggi. Kekuatannya ini sebenarnya sama dengan baja pada umumnya.

Dimana bajanya ini bisa anda injak-injak, kuat, bisa menahan beban genteng dan lain sebagainya. Pasang rangka atap baja ringan inipun juga begitu efisien karena dalam kurun waktu sehari anda bisa pasang rangka atap baja sekitar 25m persegi. Dalam hal harganya pasang rangka atap baja ringan ini memang terbilang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kayu jenis tertentu. Namun, dengan pasang rangka atap baja ringan ini sang arsitek merasa lebih mudah dalam pemasangannya.

Kita hanya perlu merancang untuk model yang kita inginkan itu seperti apa. Biasanya bagian pabriknya yang membuatkan rangka atap. Sementara kita hanya perlu menyambungnya dengan menggunakan baut. Nah, untuk pasang rangka atap baja ringan inipun juga cukup cepat hanya butuh waktu 3 hingga 4 hari saja.
Banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan jika kita memilih menggunakan rangka atap baja ringan ini. Karena bila dibandingkan dengan rangka atap kayu, rangka atap baja ini lebih ringan dan anti rayap tentunya. Rangka atap baja ringan ini memang berbeda dari atap baja lainnya. Ringannya itu seperti halnya seng, apabila anda bentangkan dan anda tekuk akan gampang sekali. Terlebih dengan kemajuan teknlogi yang tinggi tentu semuanya ingin serba cepat pengerjaannya.
Nah, bagi anda yang ingin memasang rangka atap ringan pada rumah anda, tentunya anda perlu memperhatikan berbagai kriteria ini dalam pemasangannya. Kriterianya yaitu:

1.    Yang pertama harus anda lakukan saat akan pasang rangka atap baja ringan adalah menghitung berapa derajatkah kemiringan dari atap rumah anda.
2.    Hitung juga berapa jumlah beban dari atap. Anda bisa menyiasatinya dari penggunaan penutup atap. Yang perlu anda lakukan hanyalah mempertimbangkan material yang akan anda gunakan sebagai penutup atap. Hal ini juga hal yang penting untuk anda perhatikan ketika ada rencana untuk pasang rangka atap baja ringan.
3.    Bentuk atapnya. Jika anda menggunakan atap dengan model yang melengkung, anda bisa menggunakan rangka atap baja ringan dengan harga yang relatif mahal.

Sedangkan langkah cara pemasangan baja ringan ini diantaranya:

1.    Perhatikanlah bentuk atap yang akan anda bangun nantinya. Sebab ini sebagai penentu keindahannya nanti.
2.    Hitung kebutuhan volume baja ringannya, semakin luas atapnya biasanya akan semakin mahal pula.
3.    Andapun juga perlu menyiapkan gambar kerjanya berupa denah dari bangunannya secara keseluruhan.
4.    Bahan baja ringan berlabel SNI. Tentunya andapun harus memilih rangka atap baja ringan yang bermutu. Untuk itu, akan lebih baik jika anda teliti dahulu sebelum membelinya.
5.    Yang terakhir tentu anda harus menentukan penutup atapnya nanti.

Itulah berbagai tips pemasangan atap baja ringan serta kelebihannya jika kita bandingkan dengan rangka atap yang lainnya. Jika dilihat dari kualitasnya memang rangka atap baja ringan ini lebih bermutu serta tahan lama dan perlu anda buktikan sendiri hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Update