Keunggulan dan Tips Memakai Jasa Pembuatan Sumur Bor

Keunggulan dan Tips Memakai Jasa Pembuatan Sumur Bor

 Jasa pembuatan sumur bor dengan sistem terima air memang sangat praktis, namun dalam hal ini tentu ada beberapa kelemahan yang harus kita cermati terlebih dahulu

Jasa Pembuatan Sumur Bor


    Penduduk yang semakin padat juga menyebabkan kebutuhan sumber air bersih semakin meningkat pula. Hal ini menyebabkan sebagian besar orang memilih untuk membuat sumur bor saja dari pada memanfaatkan jasa air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pada umumnya orang yang akan membuat sumur bor akan memanfaatkan jasa pembuatan sumur bor.
    Dalam memanfaatkan jasa pembuatan sumur bor ini ada orang yang hanya memakai jasa pengeboran saja dan ada pula orang yang lebih memilih mengupahkan dengan sistem terima air, maksudnya jasa pengeboran sekaligus semua peralatan dan instalasi disediakan oleh jasa pembuatan sumur bor.
    Jasa pembuatan sumur bor dengan sistem terima air memang sangat praktis, namun dalam hal ini tentu ada beberapa kelemahan yang harus kita cermati terlebih dahulu. Berikut uraian beberapa kelemahan menggunakan sistem terima air.

1.    Mutu pompa air yang rekondisi

Ada beberapa tukang yang tidak jujur dengan membawa pompa air yang sudah rekondisi. Pompa air rekondisi ini terlihat baru karena juga lengkap dengan kotak dan labelnya. Tentu saja hal ini akan sulit sekali dibedakan dengan pompa air yang asli.

2.    Mutu pipa PVC dengan kualitas rendah

Terdapat lima tingkat kualitas pipa PVC, terkadang ada tukang yang menggunakan mutu pipa PVC dengan kw3 atau dengan kualitas dibawahnya lagi.

3.    Kedalaman pengeboran yang tidak sesuai

Terkadang pipa yang dibawa oleh jasa pembuatan sumur bor sudah tidak utuh lagi, karena sudah dipotong sekitar 50 cm. Misalnya jika Anda memesan sumur bor dengan spek 5 pipa, maka panjang pipa tinggal 550 cm x 5. Dengan pengurangan panjang pipa ini, otomatis kedalaman pengeboran juga sudah berkurang.

4.    Teknik pengerjaan yang hanya asal-asalan

Dengan teknik yang asal-asalan ini membuat air yang dihasilkan tidak jernih.

Nah, jika Anda berniat memakai jasa pembuatan sumur bor maka ini beberapa tips untuk menghindari hal-hal di atas.

1.    Sebaiknya Anda tidak menggunakan sistem terima air. Jadi semua material yang diperlukan dalam pembuatan sumur bor Anda belikan sendiri dengan kualitas terbaik terutama kualitas pipa luar yang tidak bisa diganti.
2.    Sebelum proses pengeboran dimulai sebaiknya Anda membuat perjanjian kerja dengan tukang tersebut.
3.    Saat air masih keruh, sebaiknya jangan gunakan pompa air Anda yang masih baru karena bisa menyebabkan kerusakan. Jadi, untuk membersihkan sisa material pengeboran ini, sebaiknya menggunakan pompa air yang dibawa oleh tukang.
4.    Saat proses pengerjaan sebaiknya Anda mandori tukang tersebut, agar teknik  pengerjaannya tidak asal-asalan.
5.    Sebaiknya Anda meminta garansi dari tukang tersebut mengenai kejernihan air. Jika dalam beberapa hari air masih keruh maka hal ini masih menjadi tanggung jawab tukang untuk membersihkan lubang sumur bor.

Kini setelah Anda mengetahui beberapa kelemahan dan beberapa tips tentang pembuatan sumur bor memakai jasa pembuatan sumur bor, maka Anda bisa lebih cermat dan teliti lagi. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Update